Menyusun Makanan Diet Yang Sehat dan Benar

Pada penanganan penyakit hati, diperlukan diet dan obat sesuai anjuran dokter Anda. Diet disesuaikan dengan kondisi penyakit, tentunya diet berbeda antara satu penderita dengan penderita lainnya. Disini akan dijelaskan contoh diet menu 1200, 1500, 1700 dan 1900 Kalori dengan jumlah protein yang sesuai. Pakailah pedoman diet ini untuk menyusun menu. Dengan perhitungan dasar yang dapat dilihat pada tabel Bahan Makanan Sehari, anda dapat melaksanakan diet yang sesuai. Hati dikenal sebagai organ yang mempunyai kemampuan regenerasi (pembentukan kembali) terbesar di dalam tubuh. Untuk proses regenerasi ini diperlukan protein esensiel dan vitamin dalam jumlah yang memadai. Tergantung dari keadaan penyakitnya, dapat terjadi ketidak seimbangan asam amino, dan hal ini dapat dilihat dari adanya gejala neuropsikis atau peningkatan kadar amonia di dalam darah.

Cara Diet, Tips Diet, Makanan Diet, Manfaat Diet, Program Diet, Menu Diet, Diet Sehat, Diet Alami, Diet Cepat, Diet yang benar, diet yang aman, tips cara diet

Bila hal ini terjadi maka asupan protein harus dikurangi 30-50% dari kebutuhan.Diet yang harus dipilih, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter Anda.Pengurangan asupan protein akan mengakibatkan berkurangnya nilai kalori dan protein, sehingga harus dicarikan pengganti yang dapat memenuhi kekurangan kalori dan protein tanpa meningkatkan kadar amonia. Salah satu produk yang memenuhi syarat di atas adalah Aminoleban Oral yang mengandung nutrien penting dengan komposisi seimbang, seperti asam amino rantai cabang (AARC) karbohidrat, lemak (rice oil), asam amino esensial yang lain, multivitamin dan mineral. Salah satu tujuan pemberian Aminoleban Oral bersamaan dengan pemberian menu standar ialah agar anda senantiasa dalam keadaan status gizi baik/normal.

Dasar-dasar penyusunan menu

1. Makanan disesuaikan dengan kebutuhan kalori dan protein

2. Makanan harus terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral

3. Alkohol dilarang

4. Garam dapat diberikan sampai 7 gram atau 1 1/2 sendok teh

Untuk pedoman praktis diet 1200 dan 1500 Kalori dianjurkan pada penderita dengan berat badan saat ini (berat badan aktual) < 50 kg. Diet 1700 Kalori dianjurkan pada penderita dengan berat badan aktual 51- 60 kg, sedangkan diet 1900 Kalori dianjurkan pada berat badan aktual > 65 kg. Untuk variasi menu dapat digunakan Daftar Makanan Penukar. Usahakan agar garam jangan dimakan terlalu banyak. Untuk hal tersebut, perlu membatasi penggunaan kecap. Makanan yang diawetkan seperti dendeng, abon, ikan asin, corned beef juga perlu dibatasi. Penyakit hati dan protein

Karbohidrat, lemak dan protein merupakan zat-gizi yang penting dalam kehidupan kita. Protein terdapat dalam bentuk protein hewani dan protein nabati.

Adapun bahan makanan sumber protein hewani antara lain adalah daging, ikan, udang, telur, susu dan hasil olahannya. Sedangkan bahan makanan sumber protein nabati adalah beras, jagung, kacang hijau, kacang kedele, kacang merah, kacang tolo, kacang tanah, oncom. Yang banyak dimakan sehari-hari adalah tempe dan tahu.

Bahan makanan sehari dengan Aminoleban® Oral

Bahan Makanan

Jumlah (g)

1200 kkal

1500 kkal

1700 kkal

1900 kkal

1. Nasi

125

250

250

250

2. Kentang

-

-

-

-

3. Roti

40

60

80

80

4. Tepung Terigu

(termasuk kue)

20

20

20

30

5. Santan

50

50

50

50

6. Gula

25

25

25

30

7. Minyak

10

15

20

20

1. Ikan / Ayam / Daging

50

50

50

50

2. Telur

25

25

25

25

3. Tahu / Tempe

50/25

50/25

50/25

50/25

4. Aminoleban® Oral

50

50

75

100

1. Sayuran Hijau

50

50

50

50

2. Sayuran Kuning / Merah

50

50

50

50

3. Buah

300

300

300

350

Sumber : http://www.otsuka.co.id

»»  READMORE...

Apakah Cara Diet Yang Anda Lakukan Sudah Benar?

Anda yang terobsesi dengan berat badan ideal pasti setidaknya pernah mencoba beberapa tips menurunkan berat badan baik dari majalah, teman atau televisi. Ternyata, dari berbagai tips diet yang beredar tersebut masih ada yang menjadi konflik hingga saat ini.

Nah, supaya anda terhindar dari cara diet yang salah, kami akan membantu anda memilah mana saja cara diet yang hanya mitos belaka. Pasti anda takkan menduga.
Cara Diet, Tips Diet, Makanan Diet, Manfaat Diet, Program Diet, Menu Diet, Diet Sehat, Diet Alami, Diet Cepat, Diet yang benar, diet yang aman, tips cara diet

Makanan rendah lemak pasti sehat

Katanya: rendah lemak sama dengan rendah kalori, betul? Salah. Makanan rendah lemak biasanya sering ditambahkan bahan-bahan lain, seperti gula dan tepung yang berfungsi untuk memperkaya rasa makanan yang jumlah lemaknya dikurangi. Padahal karbohidrat dalam dosis banyak (seperti dalam gula dan tepung) dapat membuat anda cepat lapar. Terkadang, makanan rendah lemak justru mengandung kalori lebih tinggi daripada makanan yang tinggi lemak. Untuk meyakinkan anda bahwa makanan rendah lemak yang anda konsumsi lebih sehat caranya mudah, bandingkan saja bahan-bahan dan kandungan nutrisinya. Kalau makanan rendah lemaknya benar-benar sehat, silakan anda konsumsi.

Mengurangi karbohidrat adalah cara tepat menurunkan berat badan

Banyak orang yang melakukan diet kaya protein dan mengurangi asupan karbohidrat berhasil menurunkan berat badan secara drastis. Tahukah anda kalau diet kaya protein dengan mengonsumsi daging keju dan telur secara bebas dapat meningkatkan resiko terkena serangan jantung? Selain itu, dengan menghilangkan karbohidrat (yang bagaimanapun tetap dibutuhkan oleh tubuh) dari menu bisa menyebabkan anda lemas, emosional dan mual. Dan konsumsi karbohidrat yang rendah juga bisa mendorong perkembangan ketosis, yaitu kondisi dimana lemak dalam darah anda terbentuk dan memicu penyakit batu ginjal.

Melewatkan salah satu/beberapa jadwal makan bagus untuk mengurangi berat badan

Melewatkan satu jadwal makan bukan saja tidak sehat, tetapi juga membuat anda akan makan lebih banyak pada saat makan berikutnya. Lagipula, sudah banyak penelitian telah membuktikan kalau orang yang sarapan dalam porsi penuh dan beberapa kali makan dalam porsi kecil sepanjang hari dapat menurunkan berat badan lebih banyak daripada mereka yang makan lebih jarang. Kenapa? Karena kalau jarang makan maka proses metabolisme dalam tubuh akan terganggu.

Jangan makan diatas jam 7 malam

Itu adalah salah satu nasihat diet paling popular, karena katanya semua makanan yang kita makan di malam hari akan diubah menjadi lemak. Sebenarnya kalori tidak mengenal waktu. Yang penting untuk diingat adalah ‘jangan makan’ sesaat sebelum anda tidur. Berilah waktu beberapa jam baru kemudian anda tidur. Disaat anda tidur segala fungsi tubuh tidak akan bekerja 100% dibandingkan saat anda masih bangun. Jumlah gula/lemak/kalori yang dibakar pada saat tidur tidak sebanyak pada saat terjaga.

Kolesterol tidak sehat untuk tubuh

Tanpa kolesterol baik dalam darah, maka tubuh kita tidak akan dapat membentuk sel-sel ataupun hormon-hormon baru. Kolesterol baik itu dinamakan High Density Lipoprotein (HDL). Sebaliknya, Low Density Lipoprotein (LDL) merupaka kolesterol “jahat” yang tidak diperlukan tubuh karena dapat menyumbat pembuluh darah. Kolesterol jahat biasanya terkandung dalam lemak jenuh seperti butter, daging dan pasty. Sementara HDL bisa diperoleh dari lemak tak jenuh, seperti pada kacang, biji-bijian dan minyak sayur.

Saya dapat menurunkan berat badan dengan membabat habis kalori

Saat anda menghilangkan kalori secara drastic, berat badan tubuh tidak dapat turun secara sehat. Sama seperti orang yang suka melewatkan jadwal makan, tubuh anda akan selalu merasa lapar. Metabolisme juga akan melambat. Itulah sebabnya kita selalu dianjurkan untuk menurunkan berat badan secara perlahan dan melibatkan olahraga.

Lemak itu tidak baik

Sama halnya dengan kolesterol, ada lemak jahat dan ada lemak baik. Lemak sebetulnya memegang peranan penting dalam kesehatan tubuh secara menyeluruh. lemak dapat membantu mengentalkan darah, melindungi organ dalam dan membentuk membran sel. Pastikan saja kalau lemak yang anda konsumsi adalah lemak tak jenuh, misalnya minyak zaitun, minyak sayur, minyak ikan, salmon dan alpukat.

Kalau rajin berolahraga bebas makan apa saja

Setengah jam bersepeda bukan berarti anda bebas merdeka untuk makan menu buffet di sebuah restoran. Meskipun olahraga itu efektif membakar kalori, berat badan anda masih bisa bertambah apabila mengkonsumsi makanan tidak sehat. Menurut penelitian, setengah jam diatas treadmill saja masih belum bisa menyingkirkan kalori yang ada dalam cheeseburger, onion rings dan milkshake. Jangan khawatir, anda masih diperkenankan untuk sesekali memanjakan diri lewat makanan, asal tidak keseringan dan tetap rajin berolahraga.
»»  READMORE...

Mendapatkan Tubuh Idaman Dengan Cara Diet Sehat

Bagi wanita memiliki tubuh langsing merupakan sebuah impian. Semua cara dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang indah. Bahkan, ada yang sampai rela tidak makan sama sekali.

Banyak wanita yang melakukan diet ketat demi mendapatkan tubuh idamannya. Tetapi, ternyata apa yang diharapkan tak sesuai rencana. Bagaimana cara diet yang baik dan tak membuat kita merasa tersiksa. Simak tips yang berikut ini.

Cara Diet, Tips Diet, Makanan Diet, Manfaat Diet, Program Diet, Menu Diet, Diet Sehat, Diet Alami, Diet Cepat, Diet yang benar, diet yang aman, tips cara diet


- Hindari diet ketat untuk menurunkan berat badan. Dalam artikel 'Medicare's Search for Effective Obesity Treatments' dikatakan dalam artikel tersebut diet tak akan bekerja dengan baik untuk menurunkan berat badan.

Justru dengan melakukan diet yang tidak benar malah akan mempermudah menaikkan berat badan. Disarankan untuk tetap makan secara normal tapi dengan porsi yang tak berlebihan.

- Hindari minuman bersoda. Lebih baik Anda mengosumsi banyak air putih. Minum air putih sebanyak-banyaknya dianggap sebagai salah satu cara untuk mengurangi nafsu makan. Usahakan minum delapan gelas sehari.

- Perbanyak konsumsi buah-buahan. Sejauh ini, diet dengan mengosumsi buah-buahan sangat digemari.

- Jangan biarkan Anda merasa kelaparan.Tubuh membutuhkan makanan. Jangan biarkan perut Anda kosong. Saat Anda makan maka kamu akan merasa lebih baik. Kita tidak akan merasa lelah atau terlihat loyo.

- Banyak bergerak dan olahraga. Dengan melakukan banyak bergerak dan berolahraga maka akan membantu kita mengikis lemak di tubuh. Anda bisa melakukan lari-lari kecil.

Atau bisa dengan cara yang sederhana, seperti berjalan kaki saat ke sekolah, bersepeda saat ke kantor. Bisa juga dengan melakukan naik turun tangga sekitar beberapa menit sebelum Anda mandi.

- Konsumsi makanan yang berprotein. Protein mungkin lebih baik atau dapat memuaskan daripada karbohidrat. Dan mungkin ini merupakan bisa menjadi senjata rahasia baru untuk mengendalikan berat tubuh Anda.

-Tambahkan cabe ke makanan Anda. Hal ini dapat membantu meningkatkan rasa yang membuat Anda puas sehingga Anda tak tertarik untuk menambah porsi makan Anda.
»»  READMORE...